Turnamen sepak bola antar Sekolah Dasar semarakkan Piala Dunia U-17

Jakarta (ANTARA) – Kompetisi sepak bola antar Sekolah Dasar Sompo Student Tournament 2023 resmi digelar di ASIOP Training Ground Sentul, Bogor, pada Sabtu sebagai ajang pencarian talenta usia muda sekaligus menyemarakkan gelaran Piala Dunia U-17 di Indonesia.

Dalam keterangan resmi yang diterima pewarta, Sabtu, Sompo Student Tournament yang berlangsung 4-5 November diikuti oleh 32 Sekolah Dasar (SD) Se-Jabodetabek dan Bandung

“Sejak tahun 2019, Sompo telah bermitra dan mendukung ASIOP dalam mendukung pembinaan generasi muda dan menjaring bakat pesepakbola sejak usia dini. Kami berharap Sompo Student Tournament dapat memfasilitasi perkembangan generasi muda seperti bagaimana cara bekerja sama dengan tim, memupuk semangat bertanding dan sportivitas,” kata Direktur Teknik Sompo Insurance Erixon Hutapea.

Presiden ASIOP Ade Prima Syarif selaku Steering Committee Sompo Student Tournament berharap ajang tersebut bisa mencetak bibit unggul untuk kemajuan sepak bola Indonesia, seperti dua pemain ASIOP Ji Da Bin dan Rifky Tofani yang masuk dalam skuad tim nasional (timnas) Indonesia untuk Piala Dunia U-17 tahun 2023.

”Upaya Sompo dalam membina generasi muda sejalan dengan upaya kami di ASIOP. Dengan dukungan Sompo, kami dapat menjaring bakat muda untuk bisa melahirkan pemain-pemain yang mampu berkiprah di tingkat nasional dan internasional, serta membangun masa depan sepak bola Indonesia,” kata Ade.

Sementara itu Ketua Pelaksana Sompo Student Tournament, Wahyu Budiarto, mengatakan kejuaraan tahun ini dipastikan lebih meriah karena digelar bertepatan dalam atmosfer menyambut Piala Dunia U-17 di Indonesia.

“Kami tidak menyangka antusiasme peserta tahun ini begitu besar, pesertanya membludak melebihi kuota awal 24 tim menjadi 32 tim dari Jabodetabek, Karawang, dan Bandung. Turnamen ini juga semakin meriah karena antusiasme Piala Dunia U-17 yang akan diselenggarakan mulai 10 November 2023 mendatang,” kata Wahyu.

Sebanyak 32 tim nantinya akan dibagi menjadi delapan grup yang masing-masing grup diisi empat tim dengan sistem pertandingan round robin. Tim yang menempati peringkat satu dan dua di masing-masing grup akan lolos ke babak 16 besar kategori cup.

Kemudian, tim di peringkat tiga dan empat di fase grup akan lolos ke babak 16 besar kategori plate. Dari babak 16 besar hingga final akan diberlakukan sistem gugur.

 

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
COPYRIGHT © ANTARA 2023

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *