Timnas Indonesia fokus pemulihan fisik pada latihan perdana di Irak

Jakarta (ANTARA) – Timnas Indonesia senior langsung menggelar latihan perdana di Irak pada Minggu (12/11) pukul 16.00 waktu setempat di lapangan latihan kompleks sekitar Stadion Internasional Basra, Irak.

Tim Garuda menggelar latihan perdana dengan fokus pemulihan fisik setelah tiba di negara beribu kota Baghdad itu pada Minggu (12/11) pukul 11.00 waktu setempat usai melakukan perjalanan panjang dari Jakarta dengan keberangkatan pada Sabtu (11/11) malam WIB.

“Kami mulai latihan perdana di Irak sore hari tadi, jam 4 sore, hanya latihan pemulihan fisik saja,” kata pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong, mengutip dari keterangan resmi PSSI, Senin.

Dengan segera melakukan pemulihan fisik, Shin berharap tim bisa lebih cepat beradaptasi dengan cuaca dan kondisi lingkungan di Irak.

Hal ini, kata Shin, bukan tidak lain untuk memenuhi target memenangkan laga perdana kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran kedua melawan Irak yang dimainkan pada Kamis (16/11) pukul 21.45 WIB di Stadion Internasional Basra, sebagai langkah awal membawa Merah Putih lolos ke kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran ketiga.

“Ini adalah pertandingan pertama putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026, terpenting adalah mengunci kemenangan di laga melawan Irak, dengan begitu tentu hasilnya akan baik ke depannya,” tutur pelatih asal Korea Selatan itu.

Berbicara tentang potensi kekuatan lawan, Shin optimistis dan tidak gentar dengan kekuatan Irak sebagai negara peringkat 68 dunia.

Baca juga: Timnas Indonesia tiba di Irak untuk kualifikasi Piala Dunia 2026

Dengan pemain-pemain yang ia bawa, ia yakin semua pemain-pemainnya mampu menandingi kekuatan Irak untuk membawa pulang tiga poin.

“Tidak masalah nanti melawan Irak, memang peringkat FIFA mereka lebih baik dari Indonesia, juga lawan yang berat bagi kita, apalagi kita ini datang sebagai tamu. Tetapi saya akan berusaha semaksimal mungkin, akan membuat taktik yang bisa meredam mereka,” jelas Shin.

Sementara itu, salah satu pemain Marc Klok mengatakan telah mempersiapkan diri dengan baik sebelum latihan bersama penggawa Garuda lainnya setibanya di Irak.

Hal ini ia lakukan agar fisiknya tetap optimal menatap laga melawan Irak yang akan berlangsung empat hari mendatang.

“Sampai di sini tadi saya dan pemain yang lainnya istirahat sejenak karena sorenya mau ada latihan. Yang penting adalah cukup istirahat, latihan ekstra, makan sehat semua. Saya berharap hasil terbaik untuk mencapai prestasi yang optimal, pada 16 dan 21 November. Target tentu menang, kami akan berjuang karena Irak tentu bukan lawan yang mudah, kita lihat saja nanti,” beber Klok.

Baca juga: Eritrea mundur dari Kualifikasi Piala Dunia 2026

Baca juga: Marselino dan Ivar absen bela timnas karena alami cedera

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
COPYRIGHT © ANTARA 2023

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *