Tekuk Italia 3-1, Inggris melaju ke putaran final Euro 2024

Jakarta (ANTARA) – Inggris dipastikan melaju ke putaran final Euro 2024 setelah menekuk Italia dengan skor 3-1 dalam lanjutan Kualifikasi Grup C di Stadion Wembley, London,. Rabu dini hari WIB.

 

Kemenangan Inggris pada pertandingan ini hadir berkat gol Harry Kane (2) dan Marcus Rashford, sementara itu Italia sempat unggul terlebih dahulu melalui Gianluca Scamacca, demikian catatan UEFA.

 

Kini The Three Lions kokoh si puncak klasemen sementara Grup C dengan raihan 16 poin dari enam pertandingan, sedangkan Italia turun ke peringkat ketiga dengan 10 poin.

 

Peluang Italia untuk lolos langsung ke putaran final Euro 2024 masih terbuka lebar jika mampu menyapu bersih dua pertandingan tersisa dan Ukraina gagal menorehkan kemenangan pada laga terakhirnya.

Dalam pertandingan Rabu dini hari WIB itu, secara statistik Inggris dan Italia memiliki catatan yang relatif berimbang. Namun, Inggris sedikit lebih unggul dengan mencatatkan 51 persen penguasaan bola, sementara itu Italia unggul total 15 tendangan ke gawang.

 

Pada pertandingan ini di luar dugaan Italia bermain terbuka dan kerap beberapa kali memberikan ancaman ke gawang Jordan Pickford serta bisa unggul terlebih dahulu pada menit 15.

 

Berawal dari umpan silang mendatar yang dikirimkan Giovanni Di Lorenzo, bola dapat disambut oleh tendangan Gianluca Scamacca yang tak dapat dibendung Pickford sehingga skor berubah menjadi 1-0.

 

Tertinggal satu gol Inggris berusaha untuk menyamakan kedudukan dan upaya mereka baru membuahkan hasil ketika mendapatkan hadiah tendangan penalti setelah Jude Bellingham dilanggar oleh Di Lorenzo di kotak terlarang.

 

Harry Kane yang maju sebagai algojo sukses melaksanakan tugasnya dengan baik setelah tendangannya salah dibaca oleh kiper Italia Gianluigi Donnarumma sehingga skor menjadi 1-1 menit 32.

 

Inggris sempat memiliki peluang untuk berbalik unggul melalui tendangan Marcus Rashford,  sayangnya bola dapat dihalau oleh Donnarumma.

 

Selanjutnya giliran Pickford yang unjuk kebolehan setelah berhasil mementahkan peluang Italia melalui tendangan yang dilepaskan oleh Destiny Udogie.

 

Pada sisa waktu babak pertama, kedua tim tetap bermain terbuka, tapi hingga turun minum skor 1-1 tetap bertahan.

 

Memasuki babak kedua, giliran Inggris yang mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu. Pada menit ke-57,  umpan Bellingham dapat dikonversikan menjadi gol oleh Marcus Rashford sehingga skor berubah menjadi 2-1.

 

Mampu membalikkan keadaan, membuat mental Inggris semakin baik dan beberapa kali menyulitkan lini pertahanan Italia, tetapi mereka baru bisa menambah keunggulan menit 77.

 

Kane berhasil mencatatkan dwigol pada pertandingan ini setelah tendangan kaki kanannya membobol gawang Italia. Ia mampu memanfaatkan blunder lini belakang Gli Azzruri sehingga skor berubah menjadi 3-1.

 

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Dadan Ramdani
COPYRIGHT © ANTARA 2023

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *