Presiden Barcelona Laporta didakwa atas kasus seputar skandal wasit

Jakarta (ANTARA) – Presiden Barcelona Joan Laporta didakwa oleh pengadilan sebagai bagian dari penyelidikan terhadap dugaan pembayaran suap kepada sejumlah wasit, demikian diumumkan pengadilan Spanyol seperti dikutip dari AFP.

Pihak klub serta dua mantan presidennya, yakni Josep Maria Bartomeu dan Sandro Roseel, serta mantan kepala badan wasit Spanyol Jose Maria Enriquez Negreira serta putranya, telah lebih dahulu dijatuhi dakwaan.

Laporta mendapat dakwaan terkait masa jabatan pertamanya sebagai Presiden Barcelona, yakni mulai 2003 sampai 2010.

Dalam laporan yang dipublikasikan pada Rabu, hakim yang memimpin investigasi mengatakan, menurut pendapatnya, Laporta tidak dapat mendapatkan manfaat dari statuta pembatasan yang ada karena masalah ini sangat serius.

Negreira dituduh menerima uang lebih dari tujuh juta euro dari Barcelona pada kurun waktu 2001 sampai 2008, melalui perusahaan-perusahaan yang menghasilkan laporan-laporan perwasitan untuk klub.

Selama berbulan-bulan, Barcelona telah membantah tudingan-tudingan terkait masalah itu dan menyangkal bahwa mereka telah melakukan pelanggaran.

Klub Katalan itu saat ini menghuni peringkat ketiga di klasemen sementara Liga Spanyol dengan 21 poin, serta akan menjamu Athletic Bilbao pada Senin (23/10) saat liga domestik kembali digulirkan akhir pekan ini.

Baca juga: Lamine Yamal perpanjang kontrak di Barcelona sampai 2026

Baca juga: Barcelona amankan kemenangan tipis 1-0 atas FC Porto

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2023

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *