Prancis amankan satu tempat di Euro 2024 seusai hajar Belanda 2-1

Jakarta (ANTARA) – Timnas Prancis memastikan satu tempat di ajang Euro 2024 seusai menghajar Timnas Belanda dengan skor 2-1 pada pertandingan kualifikasi Grup B di Stadion Johan Cruyff Arena, Amsterdam, Sabtu dini hari.


Pada pertandingan ini kemenangan Prancis hadir berkat dua gol yang dicetak Kylian Mbappe, sedangkan Belanda sempat memperkecil ketertinggalan melalui Quilindschy Hartman, demikian catatan UEFA.

 

Kini Prancis menduduki peringkat kedua klasemen sementara Grup B Kualifikasi Euro 2024 dengan torehan 18 poin dari enam pertandingan, sementara itu Belanda harus turun ke posisi ketiga dengan sembilan dari lima laga, karena di waktu yang sama Yunani mampu mengalahkan Irlandia dengan skor 2-0.

 

Secara statistik pada pertandingan ini Prancis sedikit lebih unggul dibandingkan Belanda dengan mencatatkan 55 persen penguasaan bola dan melepaskan total 15 tendangan yang tujuh di antaranya tepat sasaran.

 

Prancis pada pertandingan ini langsung mengambil inisiatif menyerang dan berhasil mencuri keunggulan ketika laga baru berjalan tujuh menit.

 

 

Tim tuan rumah baru bisa menciptakan peluang 20 menjadi berselang, melalui tendangan keras Joey Veerman, akan tetapi tendangannya masih melambung di atas mistar gawang Prancis.

 

Pertandingan selanjutnya berjalan semakin hidup karena kedua tim bermain terbuka dan baik Belanda serta Prancis memiliki peluang untuk mencetak gol, namun hingga turun minum, skor 1-0 untuk keunggulan tim tamu tetap bertahan.

 

Memasuki babak kedua, Belanda langsung mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu dan menciptakan peluang melalui tendangan Donyell Malen yang masih tertahan oleh lini pertahanan Prancis.

 

Tak berselang lama, Prancis sukses menggandakan keunggulan menjadi 2-0 pada menit 53 berkat gol kedua yang dicetak oleh Mbappe setelah ia sebelumnya melakukan permainan satu dua dengan Adrien Rabiot.

 

Belanda langsung merespon ketertiban dua gol ini dan sempat membobol gawang Prancis melalui sundulan Malen, namun hal tersebut dianulir wasit karena Nathan Ake yang mengirimkan umpan lebih dulu berada di posisi offside.

 

Skuad asuhan Ronald Koeman akhirnya mampu memperkecil ketertinggalannya pada menit 83 melalui gol yang dicetak oleh Hartman setelah sebelumnya bekerja sama dengan Steven Bergwijn sehingga skor berubah menjadi 1-2.

 

Prancis merespon gol dari Belanda dan berusaha untuk kembali memperlebar jarak skor melalui tendangan keras Mbappe yang masih membentur mistar gawang Belanda.

 

Pada sisa waktu pertandingan, Belanda terus berupaya untuk mencari gol penyeimbang, namun hingga laga usai, skor 2-1 untuk kemenangan Prancis tetap bertahan.

Baca juga: Prancis semakin kokoh di puncak klasemen seusai hajar Irlandia 2-0

Baca juga: Turki raih kemenangan dari Kroasia, Norwegia hancurkan Siprus 4-0

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2023

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *