Pemkot Surabaya usulkan desain maskot Piala Dunia U-17 ke FIFA

Surabaya (ANTARA) – Pemerintah Kota Surabaya mengusulkan desain maskot Piala Dunia U-17 kepada Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) dan maskot itu nantinya digunakan di kota tersebut karena bertindak sebagai tuan rumah. 

Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya Wiwiek Widayati di Surabaya, Selasa, mengatakan sebagai tuan rumah Kota Surabaya juga akan memiliki maskot.

“Desain maskot untuk di Kota Surabaya tidak sama seperti Bacuya yang digunakan oleh FIFA,” katanya.

Saat ditanya soal bentuk dan karakter maskot yang akan digunakan, Wiwek tidak menjelaskan secara detail.

Hanya saja, lanjut dia, untuk saat ini maskot tersebut sedang dalam proses desain dan akan segera disampaikan kepada Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi kemudian diusulkan ke FIFA melalui panitia lokal.

“Hari ini teman-teman sedang mencoba mendesain kembali maskotnya. Saya yakin itu (maskot) sesuatu yang lokal wisdom sekali,” katanya.

Sementara itu, saat disinggung soal logo komposit, Wiwiek mengatakan logo yang akan digunakan sebagai salah satu media promosi Piala Dunia U-17 di Kota Surabaya telah disetujui oleh FIFA.

“Logo komposit sudah kami sampaikan kepada FIFA melalui LOC (panitia lokal), mereka sudah approval, tidak ada masalah. Juga kami sampaikan, di semua material promosi kami juga sudah diletakkan logo komposit,” kata Wiwiek.

Baca juga: PUPR lakukan perbaikan minor Stadion GBT Surabaya bagi Piala Dunia U17

Wiwiek menerangkan, logo komposit yang telah disetujui oleh FIFA akan disampaikan kepada Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah serta Perdagangan (Dinkopdag) Kota Surabaya untuk diperbanyak melalui produk-produk UMKM lokal.

“Karena logo komposit tidak sama seperti maskot ya, itu hanya logo, tapi nanti terserah Dinkopdag akan diaplikasikan dengan model seperti apa,” kata Wiwiek.

Selain itu, Wiwek mengatakan, Pemkot Surabaya juga menyiapkan berbagai hal mulai fasilitas di Stadion GBT, lapangan latihan, hingga pernak-pernik untuk menyambut ajang bergengsi tersebut.

Berbagai persiapan tersebut di antaranya adalah melakukan perbaikan minor di beberapa area Stadion GBT, seperti toilet di tribun penonton, akses jalan masuk, hingga lahan parkir.

Baca juga: Panitia lokal cek setiap sisi GBT jelang Piala Dunia U-17

Baca juga: Pemkot Surabaya gelar “street soccer” semarak Piala Dunia U-17 

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
COPYRIGHT © ANTARA 2023

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *