Pelatih Persebaya akui kesalahan pemain jadi penyebab kekalahan

Surabaya (ANTARA) – Pelatih Persebaya Surabaya Josep Gombau mengakui kekalahan 2-3 dari Persib Bandung pada laga pekan ke-15 Liga 1 Indonesia dikarenakan beberapa kesalahan yang dilakukan anak asuhnya saat babak kedua.

“Pemain membuat beberapa kesalahan dan membuat tim lawan bisa memenangkan pertandingan, saya akui itu tanpa mengurangi rasa hormat saya untuk Persib yang juga bermain bagus,” ujar Gombau usai pertandingan di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, Sabtu petang.

Dia menjelaskan, beberapa kesalahan yang dibuat adalah marking pemain, cara menghentikan bola, dan penerapan taktikal.

“Hal-hal itu merupakan dasar di sepak bola, tapi terjadi kesalahan yang dilakukan oleh para pemain sendiri,” ucapnya.

Namun, dirinya tetap mengapresiasi para pemain yang telah bekerja keras terutama pada babak pertama dan kekalahan ini akan dijadikan sebagai bahan evaluasi tim.

“Gol dari Persib terjadi karena kesalahan dari pemain Persebaya sendiri, tapi tidak semuanya disebabkan oleh pemain belakang terlebih Ernando, saya sudah punya daftar catatannya. Ini tanggung jawab tim bukan hanya satu atau dua pemain,” tuturnya.

Oleh karena itu, pelatih asal Spanyol tersebut meminta maaf kepada Bonek karena tidak bisa mempersembahkan tiga poin dalam laga kandang saat menjamu klub berjuluk Maung Bandung tersebut.

“Saya pribadi meminta maaf kepada para suporter yang telah hadir di stadion karena tidak bisa meraih tiga poin di kandang sendiri,” katanya.

Baca juga: Gol David Da Silva pupuskan harapan Persebaya raih kemenangan kandang

Sementara itu, pemain Persebaya Riswan M Lauhim mengatakan dirinya beserta pemain yang lain akan melakukan evaluasi dari kekalahan tersebut agar kembali mendapat hasil positif ke depannya.

“Para pemain sudah bekerja keras dalam pertandingan ini dan kami akan berusaha membenahi kesalahan-kesalahan dan semoga ke depannya bisa lebih baik lagi,” ujarnya.

Menurut dia, kesalahan yang dilakukan pemain Persebaya terutama di lini belakang karena kurang komunikasi dan tentu akan dijadikan bahan evaluasi.

“Mungkin kurang komunikasi di antara kami dan pastinya akan menjadi bahan evaluasi ke depannya agar dapat hasil yang bagus,” ucapnya.

Pada pertandingan tersebut, gol Persebaya tercipta dari Bruno Moreira pada menit ke-10 dan ke-32. Sementara gol Persib tercipta dari Ciro Alves pada menit ke-3 serta David Da Silva pada menit ke-52 dan ke-70.

Atas kekalahan itu, Persebaya tetap berada di peringkat keenam klasemen sementara dengan total 22 poin dari 15 pertandingan. Sedangkan Persib naik ke peringkat ketiga klasemen sementara dengan total 27 poin juga dari 15 pertandingan.

Baca juga: Barito Putera siap tampil mati-matian ketika hadapi Persija Jakarta

Baca juga: Dewa United amankan kemenangan 3-1 atas PSS Sleman

Pewarta: Abdul Hakim/Naufal Ammar Imaduddin
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
COPYRIGHT © ANTARA 2023

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *