Mengintip celah sempit Indonesia lolos ke 16 besar Piala Dunia U-17

Bandung (ANTARA) – Tim nasional Indonesia telah menyelesaikan perjalanannya di Grup A Piala Dunia U-17 2023, dengan bertengger di posisi ketiga di klasemen akhir grup dengan koleksi dua poin.

Setelah sempat menumbuhkan asa agar dapat lolos ke fase selanjutnya setelah bermain imbang 1-1 dengan Ekuador pada laga pertama, Arkhan Kaka dan rekan-rekannya kemudian bermain imbang 1-1 dengan Panama pada pertandingan kedua. Sayangnya pada laga pamungkas di fase grup, mereka takluk dari Maroko.dengan skor 1-3.

Dengan ketentuan hanya dua tim teratas yang dapat lolos langsung ke fase 16 besar, maka Indonesia dipastikan gagal lolos dari jalur tersebut. Sebab dua posisi teratas Grup A dihuni oleh Maroko yang memiliki total enam poin dan Ekuador dengan lima poin.

Namun, peluang pasukan Bima Sakti untuk lolos ke fase gugur tidak tertutup sepenuhnya, sebab Piala Dunia U-17 juga memberi kesempatan lolos fase grup bagi empat tim peringkat ketiga terbaik.

Saat ini, tiga tim sudah memainkan ketiga pertandingan fase grup mereka. Kedua tim tersebut secara berurutan adalah Jepang (6 poin),   Uzbekistan (empat poin), dan Indonesia (dua poin). Sedangkan tiga tim baru menyelesaikan dua pertandingan, tapi Iran (tiga poin) sudah memiliki poin dan di atas Indonesia. Dua tim tersisa yakni Meksiko (satu poin) dan Korea Selatan (nol poin).

 

Berikut klasemen min tim peringkat keempat per 17 November 16.00 WIB:

 










Nomor Grup Negara Main Menang Seri Kalah Memasukkan gol Kemasukan gol Selisih gol Poin
1 D Jepang 3 2 0 1 4 3 1 6
2 B Uzbekistan 3 1 1 1 5 5 0 4
3 C Iran 2 1 0 1 4 4 0 3
4 A Indonesia 3 0 2 1 3 5 -2 2
5 F Meksiko 2 0 1 1 3 5 -2 1
6 E Korea Selatan 2 0 0 2 1 4 -3 0

 

Dalam klasemen mini antar keenam tim peringkat ketiga terbaik, Jepang dan Uzbekistan sudah dipastikan lolos ke 16 besar, sebab mereka mengoleksi enam dan empat poin, sehingga apapun hasil yang didapatkan Meksiko dan Korea Selatan pada pertandingan terakhirnya dipastikan tidak mempengaruhi kelolosan Jepang dan Uzbekistan.

Sedangkan Iran masih sangat berpeluang lolos ke 16 besar, sebab seandainya Meksiko memenangi laga terakhir kontra Selandia Baru dan mengumpulkan total empat poin, Iran hanya turun satu strip di klasemen mini dan masih berada di empat besar.

Baca juga: Menakar peluang Indonesia lolos ke 16 besar Piala Dunia U-17

Baca juga: Byun Sunghwan sebut Korsel kalah pengalaman dibandingkan Prancis

Baca juga: Laga sengit Meksiko lawan Venezuela berakhir imbang 2-2

Halaman berikut: Bagaimana dengan peluang Indonesia?

Editor: Dadan Ramdani
COPYRIGHT © ANTARA 2023

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *