Ketua PSSI: Stadion GBT layak 100 persen untuk Piala Dunia U-17

Surabaya (ANTARA) – Ketua umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir menyatakan Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya sudah mencapai kelayakan 100 persen untuk menggelar pertandingan Piala Dunia U-17.

Oleh karena itu, pria yang juga menjabat sebagai Ketua Local Organizing Committee (LOC) Piala Dunia U-17 tersebut mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang mendukung dan bekerja dengan maksimal.

“Saya ucapkan terima kasih atas dukungan dari Wali Kota Surabaya, Pak Basuki (Menteri PUPR), Pemerintah Pusat, Pak Menpora dan tentu rekan-rekan dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PLN dan Telkom,” ucapnya saat ditemui wartawan usai meninjau Stadion GBT Surabaya, Minggu.

Selain itu, pria yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN tersebut juga berharap bisa menyajikan pembukaan terbaik sepanjang penyelenggaraan Piala Dunia U-17.

“Karena kalau Indonesia bikin acara terbaik terus, kemarin waktu Asian Games terbaik, kemarin ada Asean Summit bagus, dan juga kemarin di Bali G20 juga bagus, mudah-mudahan ini juga menjadi yang terbaik,” ujarnya.

Tak hanya itu, menurut Erick, FIFA sendiri menilai untuk fasilitas dan pendukung lapangan juga memberi dua jempol.

“Tapi jangan jumawa, nanti juga harus antisipasi keamanan, kemacetan dan lain-lain, karena ini yang akan menjadi penilaian tersendiri dari FIFA,” tuturnya.

Erick juga menyatakan, rencananya Presiden FIFA Gianni Infantino akan hadir dalam pembukaan di Stadion GBT Surabaya pada 10 November 2023.

“Insya Allah, Presiden FIFA akan datang ke Jakarta tanggal 9 malam, nanti tanggal 10 akan hadir di sini dan punya komitmen akan hadir saat pembukaan dan penutupan,” ujar pria yang juga menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Ad Interim itu.

Tentu, lanjutnya, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo juga akan hadir dalam pembukaan dan penutupan.

“Mudah-mudahan ini sebuah penghargaan untuk Surabaya yang terus serius menyiapkan daripada penyelenggaraan Piala Dunia U-17,” katanya.

Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olah Raga (Menpora) Dito Ariotedjo mengapresiasi upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya bersama BUMN, Kementerian PUPR, dan sejumlah instansi lainnya dengan serius mempersiapkan Stadion GBT menjadi lebih baik.

“Ini bahkan sudah melebihi 100 persen saya rasa dan Insya Allah pembukaannya akan menjadi yang terbaik di sejarah U-17, kalau itu bisa yakin dan jamin nampaknya,” ujarnya.

“Saya berharap hal ini bisa disuarakan dan digelorakan terkait informasi, promosi terkait Piala Dunia U-17 yang dua belas hari lagi bisa tersampaikan kepada seluruh masyarakat Indonesia, sehingga ini bisa menjadi kebanggaan kita semua,” ujarnya.

Di kesempatan yang sama, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi juga mengucapkan terima kasih atas dukungan dari semu pihak sehingga bisa menjadikan Stadion GBT Surabaya lebih baik lagi.

“Tidak mungkin GBT bisa menjadi seperti ini tanpa dukungan dari Ketum PSSI, Menteri BUMN, Menteri PUPR, Menpora dan yang lainnya, sekali lagi terima kasih,” ucapnya.

 

Pewarta: Abdul Hakim/Naufal Ammar Imaduddin
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
COPYRIGHT © ANTARA 2023

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *