Kemenkominfo ajak masyarakat Indonesia sukseskan Piala Dunia U-17

Piala Dunia U-17 tidak terlepas dari kepercayaan FIFA kepada Indonesia

Surabaya (ANTARA) – Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Usman Kansong mengajak masyarakat Indonesia untuk ambil bagian dalam rangka menyukseskan perhelatan Piala Dunia U-17 sebagai upaya menjaga kepercayaan FIFA.

“Piala Dunia U-17 tidak terlepas dari kepercayaan FIFA kepada Indonesia, kami mengajak masyarakat Indonesia untuk menyukseskan penyelenggaraan ini,” kata Usman dalam sesi konferensi pers di Pusat Informasi Piala Dunia U-17 2023 Indonesia di salah satu hotel di Kota Surabaya, Jumat.

Menurutnya, kesuksesan Piala Dunia U-17 juga menjadi jalan agar sepak bola Indonesia bisa lebih dikenal di mata dunia.

Selain itu, kata dia, kesuksesan menggelar kejuaraan kelompok usia juga berdampak pada terbangunnya citra positif Indonesia di mata masyarakat dunia.

Baca juga: Pembukaan Piala Dunia U-17 di Surabaya berlangsung meriah

Bahkan, bukan tak mungkin Indonesia bisa menjadi tuan rumah Piala Dunia di tingkat senior maupun gelaran olahraga bergengsi skala internasional.

“Siapa tahu besok kita dipercaya untuk menyelenggarakan event-event pertandingan olahraga bertaraf internasional,” ujarnya.

Usman juga berharap seluruh masyarakat Indonesia memberikan doa dan dukungannya kepada Tim Nasional Indonesia U-17 yang akan melakoni laga perdananya Jumat malam ini.

“Kami juga mengajak masyarakat memberikan dukungan kepada Tim Garuda U-17, dukungan kalian sangat berarti bagi para pemain dan jajaran tim nasional kita,” tutur Usman.

Di tempat sama, Wakil Departemen Komunikasi LOC Dede Isharrudin menyatakan seluruh lapisan masyarakat di Indonesia punya tugas sama, yakni menjaga kepercayaan FIFA yang sudah menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17.

Baca juga: Jepang peringkat pertama jumlah suporter Piala Dunia U-17 di Indonesia

“Ini adalah salah satu bagian dari perhatian FIFA yang sangat tinggi kepada Indonesia atas pengembangan sepak bolanya, tadi pagi juga diresmikan kantor FIFA di Jakarta,” ujar dia.

“Dengan adanya piala dunia U-17 ini perhatian FIFA kepada Indonesia akan semakin tinggi,” lanjutnya

Di sisi lain, Dede mengatakan masyarakat Indonesia punya animo besar pada Piala Dunia U-17, hal itu dibuktikan dengan ludesnya puluhan ribu tiket pertandingan Grup A di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya.

Baca juga: Wali Kota Surabaya: Tiket pembukaan Piala Dunia U-17 terjual habis

“Saya apresiasi dua jempol untuk persiapan Stadion Gelora Bung Tomo yang saya informasikan untuk tiket pembukaan hari ini sudah sold out,” ucapnya.

Sebagaimana diketahui, Tim Nasional Indonesia U-17 asuhan Bima Sakti bakal memulai perjalanannya di kejuaraan dunia kelompok usia dengan menghadapi Tim Nasional U-17 Ekuador di Stadion GBT pukul 19.00 WIB.

Sedangkan, Stadion GBT yang berlokasi di Surabaya bagian barat menjadi salah satu lokasi pelaksanaan pertandingan, selain Jakarta International Stadium (JIS), Stadion Si Jalak Harupat Kabupaten Bandung, dan Stadion Manahan, Solo.

Piala Dunia U-17 di Indonesia dilaksanakan mulai 10 November hingga 2 Desember 2023. Partai puncak dilaksanakan di Stadion Manahan.

Baca juga: Jokowi puji Timnas U-17 tahan imbang Ekuador

Baca juga: Peneliti: Piala Dunia U-17 2023 beri dampak positif pada perekonomian

Pewarta: Abdul Hakim/Ananto Pradana
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2023

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *