Jacksen F Tiago: Orang Brazil kagum penyelenggaraan Piala Dunia U-17

Surabaya (ANTARA) – Mantan pelatih timnas Indonesia Jacksen F Tiago menyatakan banyak temannya, warga Brazil yang kagum dengan penyelenggaraan Piala Dunia U-17 di Indonesia.

“Saya bisa menjadi saksi, akhirnya Indonesia mampu membawa Piala Dunia ke negara ini, meskipun U-17. Ini harus disyukuri. Kawan-kawan di Brazil hampir setiap hari kirim WA, kagum dengan stadion dan bangsa Indonesia bisa menggelar Piala Dunia dengan begitu luar biasa,” ujarnya saat konferensi pers di Media Center Piala Dunia U-17 di Surabaya, Sabtu.

Pelatih yang pernah menukangi sejumlah klub besar di Indonesia itu juga memberi pujian kepada seluruh pelaku sepak bola yang terlibat dalam penyelenggaraan Piala Dunia U-17.

“Kita harus memberi pujian, mulai dari pemain, media, suporter, dan pemerintah Indonesia yang melakukan gerakan luar biasa. Dengan Piala Dunia ini, anak-anak usia 5, 6, dan 7 tahun, saya yakin akan punya cita-cita mewakili bangsa Indonesia lewat sepak bola,” ujarnya.

Pria berusia 54 tahun tersebut juga menegaskan bahwa Piala Dunia U-17 menjadi momen penting bagi pemain untuk berbagi pengalaman berharga dan diharapkan bisa menjadi modal untuk bersaing di level internasional.

“Saya seorang pelaku sepak bola Indonesia mengamati semua penilaian dari wartawan, teman-teman pelatih, atau pemain. Saya meskipun lama di Indonesia, tetap mengamati dari sudut pandang orang asing, karena saya masih berpaspor Brazil,” ucapnya.

Baca juga: Indonesia gagal ke 16 besar seusai Meksiko tekuk Selandia Baru 4-0

Selain itu, dirinya juga mengapresiasi timnas Indonesia U-17 yang telah berjuang di level tertinggi.

“Sebenarnya sungguh luar biasa, kita harus tahu ini bukan sepak bola Asia, ini level tertinggi di usia mereka. Timnas Indonesia U-17 menghadapi negara yang jelas lebih maju. Asa timnas Indonesia bermain di Piala Dunia akan memberikan dampak kepada generasi berikutnya. Kemajuan yang terjadi di Indonesia sungguh luar biasa,” tutur mantan pemain dan pelatih Persebaya Surabaya tersebut.

Karena itu, Jacksen menyebut tak seharusnya orang Indonesia sibuk melakukan kritik, entah terkait shuttle bus ataupun warna rumput di Jakarta International Stadium (JIS).

“Indonesia ini baru pertama kali jadi tuan rumah Piala Dunia. Seharusnya orang Indonesia berpikir positif, jangan sibuk mengkritik. Ini adalah sesuatu yang luar biasa bagi Indonesia,” kata Jacksen.

Baca juga: Pelatih Jerman U-17 targetkan bisa melaju ke babak final Piala Dunia

Baca juga: LOC nyatakan animo masyarakat menonton Piala Dunia U-17 tinggi

Pewarta: Abdul Hakim/Naufal Ammar Imaduddin
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
COPYRIGHT © ANTARA 2023

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *