Italia jaga asa lolos ke Euro 2024 seusai tekuk Malta 4-0

Jakarta (ANTARA) – Timnas Italia terus menjaga asa mereka untuk lolos ke putaran final Euro 2024 seusai menekuk Malta dengan skor 4-0 pada lanjutan pertandingan Grup C di Stadion San Nicola, Bari, Minggu dini hari WIB.

 

Kemenangan Italia ini hadir berkat gol yang dicetak oleh Giacomo Bonaventura, Domenico Berardi (2) dan Davide Frattesi, demikian catatan UEFA.

 

Kini Italia menempati peringkat kedua klasemen sementara Kualifikasi Euro 2024 Grup C dengan raihan 10 poin dari lima pertandingan, terpaut tiga poin dari Inggris yang menempati posisi pertama.

 

Untuk mengamankan satu tempat di putaran final Euro 2024, Italia perlu setidaknya mengamankan dua kemenangan dari tiga laga yang tersisa agar bisa lolos tanpa terpengaruh oleh hasil lain negara lain.

 

Secara statistik pada pertandingan ini Italia mendominasi jalannya pertandingan dengan mencatatkan 66 persen penguasaan bola dan melepaskan total 16 tendangan yang empat di antaranya tepat sasaran.

Baca juga: Italia amankan kemenangan tipis atas Ukraina 2-1

 

Skuad asuhan Luciano Spalletti sukses mencuri keunggulan terlebih dahulu pada menit ke-23 melalui gol yang dicetak oleh Giacomo Bonaventura.

 

Berawal dari umpan yang dikirimkan oleh Moise Kean, Bonaventura selanjutnya melepaskan tendangan yang membobol gawang sehingga membuat Italia unggul 1-0, sekaligus mencatatkan gol debutnya selama membela Gli Azzuri.

 

Italia berhasil menambah keunggulan menjadi 2-0 ketika babak pertama memasuki waktu tambahan melalui gol yang dicetak oleh Domenico Berardi setelah memanfaatkan umpan Nicolo Barella. Skor tersebut bertahan hingga turun minum.

 

Memasuki babak kedua, Italia tidak mengendurkan serangan meski sudah unggul dua gol dan terus berupaya menambah keunggulan.

 

Upaya Italia baru membuahkan hasil pada menit ke-63 lewat gol kedua yang dicetak Berardi setelah memanfaatkan bola muntah hasil tendangan Kean yang mengubah skor menjadi 3-0.

 

Italia kembali menambah keunggulan ketika waktu tambahan babak kedua, tepatnya menit 90+4 setelah umpan Destiny Udogie dapat dikonversi menjadi gol oleh Davide Frattesi sehingga skor berubah menjadi 4-0. Skor tersebut bertahan hingga pertandingan usai.

 

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2023

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *