Indonesia kembali menang 6-0 atas Brunei pada kualifikasi Piala Dunia

Jakarta (ANTARA) – Tim nasional Indonesia kembali menang 6-0 atas Brunei Darussalam pada pertandingan leg kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia fase pertama yang dimainkan di Stadion Sultan Hassanal Bolkiah, Bandar Seri Begawan, Selasa.

Kemenangan itu sekaligus memastikan Indonesia melaju ke fase kedua kualifikasi zona Asia. Pada fase itu, Indonesia menghuni Grup F bersama Irak, Vietnam,

Pada pertandingan leg pertama yang dimainkan di Jakarta pekan lalu, timnas Indonesia juga menang dengan skor setengah lusin gol tanpa balas.

Penyerang PSS Sleman Hokky Caraka menyumbang dua gol yakni pada menit keenam dan 44, sedangkan satu gol lagi ditorehkan Egy Maulana Vikri pada menit ke-42, demikian dipantau melalui siaran langsung di Jakarta,

Baca juga: “Hat-trick” Dimas Drajad warnai pesta gol Indonesia ke gawang Brunei

Pada babak kedua, Indonesia kembali menambah koleksi golnya sebanyak tiga gol, berkat gol penalti Witan Sulaeman pada menit ke-46, gol Rizky Ridho pada menit ke-63, dan gol pemain pengganti Ramadhan Sananta pada menit ke-81.

Pasukan Shin Tae-yong menggebrak sejak awal, melalui tembakan Sandy Walsh yang melebar.

Memasuki menit keenam, Hokky memecah kebuntuan. Diawali umpan tarik Sandy dari sisi kanan, Hokky yang tidak dikawal pemain-pemain Brunei dengan mudah menyambar bola untuk membobol gawang tuan rumah.

Keunggulan satu gol membuat kepercayaan diri para pemain Indonesia meningkat. Dua peluang mereka dapatkan dari sepakan Witan Sulaeman yang melambung di atas mistar gawang Brunei, serta sundulan Fachrudin yang hanya mengenai sisi samping jaring gawang Haimie Nyaring.

Baca juga: Indonesia unggul tiga gol tanpa balas atas Brunei pada babak pertama 

Brunei yang kesulitan keluar dari tekanan Indonesia hanya mampu memberi ancaman serius melalui sepakan Hendra Azam pada menit ke-23.

Setelah satu-satunya peluang Brunei tersebut, kendali permainan kembali menjadi milik Indonesia. Peluang demi peluang mereka dapatkan dari tembakan Dendy Sulistyawan, serta dua tembakan Shayne Pattynama.

Menjelang turun minum, Indonesia akhirnya berhasil menambah pundi-pundi gol. Egy menggandakan keunggulan Indonesia yang diawali umpan panjang Rizky Ridho, untuk diteruskan sundulan Hokky, bola kemudian dengan mudah disambar Egy membobol gawang tuan rumah.

Hokky lantas mengukir gol keduanya, kali ini dengan memanfaatkan umpan tarik Witan untuk membuat babak pertama ditutup dengan keunggulan tiga gol atas Brunei.

Saat babak kedua baru dimulai, Witan dilanggar pemain lawan di kotak terlarang untuk membuat Brunei dihukum penalti oleh wasit. Witan sendiri yang bertindak sebagai algojo, dan eksekusinya gagal dihentikan kiper lawan.

Baca juga: Pelatih timnas Indonesia rotasi tim pada leg kedua lawan Brunei

Dendy Sulistyawan memiliki peluang untuk mencatatkan namanya di papan skor saat tembakannya dapat ditepis kiper Brunei, bola pantul lantas gagal dimaksimalkan oleh Hokky.

Gol kelima Indonesia justru hadir dari bek Rizky Ridho. Bola kiriman Asnawi Mangkualam gagal disambar pemain yang berada di mulut gawang Brunei, namun Rizky sigap melepaskan sepakan voli untuk memperbesar keunggulan tim Garuda.

Ramadhan Sananta sempat membuang peluang bagus saat sundulannya melambung ke atas mistar gawang Brunei. Namun ia mampu menebusnya saat mendapat peluang di situasi satu lawan satu, untuk mencungkil bola dan masuk ke gawang Brunei.

Susunan pemain:

Brunei Darussalam: Muhammad Haimie Nyaring, Muhammad Nazhan Zulkifle, Mohamad Alinur Rashimy, Mohd Hendra Azam, Abdul Azizi Ali, Muhammad Hanif Hamir, MD Haziq Kasyful, Muhammad Nur Asyraffahmi, Muhammad Hakeme Yazid, Mohammd Khairil Shahme, AK Yura Indera Putera

Indonesia: Ernando Ari, Sandy Walsh, Riky Ridho, Fachruddin, Shayne Pattynama, Witan Sulaeman, Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya, Dendy Sulistyawan, Egy Maulana Vikri, Hokky Caraka

Baca juga: Skuad Garuda tidak permasalahkan gagal latihan resmi di Brunei

Baca juga: Indonesia tambah 8,66 poin setelah kemenangan telak dari Brunei

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2023

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *