Gol David Da Silva pupuskan harapan Persebaya raih kemenangan kandang

Surabaya (ANTARA) – Gol David Da Silva pupuskan harapan Persebaya Surabaya meraih kemenangan kandang saat menjamu Persib Bandung dalam laga pekan ke-15 Liga 1 Indonesia di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, Sabtu sore.

Laga pun berakhir dengan skor 3-2 untuk kemenangan tim tamu.

Gol Persebaya diciptakan Bruno Moreira pada menit ke-10 dan ke-32. Sementara gol Persib tercipta dari Ciro Alves pada menit ke-3 serta David Da Silva pada menit ke-52 dan ke-70.

Dengan kekalahan tersebut, Persebaya tetap berada di peringkat keenam klasemen sementara dengan total 22 poin dari 15 pertandingan. Sedangkan, Persib naik ke peringkat ketiga klasemen sementara dengan total 27 poin dari 15 pertandingan.

Pada babak pertama, Persib yang datang sebagai tim tamu langsung menyerang pertahanan Persebaya.

Hasilnya, saat pertandingan baru berjalan tiga menit, pemain asing Persib Ciro Alves memaksa penjaga gawang Persebaya Ernando Ari harus mengambil bola dari dalam jaringnya. Skor sementara berubah 1-0 keunggulan untuk tim tamu.

Setelah kebobolan, Persebaya bermain lebih taktis dan mampu menyamakan kedudukan pada menit ke-10 lewat tendangan kaki kanan Bruno Moreira yang tidak terkawal setelah mendapat umpan dari Ze Valente. Skor berubah 1-1.

Tim asuhan Bojan Hondak tampak sesekali menyerang dengan mengandalkan serangan balik serta servis-servis bola mati untuk mengancam klub berjuluk Bajol Ijo itu.

Begitu juga Persebaya tampil dengan gaya permainan yang juga kerap merepotkan pertahanan klub asal Kota Kembang tersebut.

Persebaya mendapat peluang lewat titik putih setelah Sho Yamamoto dijatuhkan oleh penjaga gawang Persib Teja Paku Alam pada menit ke-30 sekaligus mendapat kartu kuning dari wasit.

Bruno Moreira yang menjadi eksekutor tidak menyia-nyiakan kesempatan itu dan pada menit ke-32 pemain asing asal Brazil tersebut berhasil memaksa Teja Paku Alam mengambil bola dari gawangnya. Skor sementara berubah menjadi 2-1 untuk keunggulan Persebaya.

Penyerang Persebaya Paulo Victor yang bermain bagus dengan pembagian bolanya juga sempat membuat beberapa kali peluang, namun belum bisa dikonversikan menjadi gol.

Menjelang satu menit waktu normal babak pertama usai, Persib beberapa kali melancarkan serangan, tetapi pertahanan Persebaya masih kokoh.

Skor pun bertahan 2-1 untuk keunggulan tuan rumah hingga babak pertama berakhir.

Baca juga: Barito Putera siap tampil mati-matian ketika hadapi Persija Jakarta

Memasuki babak kedua, Persib langsung mengambil inisiatif menyerang dan dapat menyamakan kedudukan pada menit ke-52 melalui gol yang dicetak David Da Silva.

Berawal dari serangan balik yang dibangun oleh Persib, mantan penyerang Persebaya tersebut berhasil lolos dan dengan mudah menyontek bola ke arah kanan penjaga gawang Ernando Ari, sehingga skor kembali berubah sama-sama kuat 2-2.

Persebaya yang ingin meraih poin penuh di hadapan suporter sendiri beberapa kali melakukan upaya untuk kembali mengungguli Persib.

Namun sebagai tim papan atas pada klasemen sementara Liga 1 Indonesia, Persib tidak tinggal diam dan melakukan serangan melalui skema serangan balik.

David Da Silva yang sudah menemukan performa terbaiknya kembali menjebol gawang Persebaya pada menit ke-70.

Gol tersebut bermula dari serangan balik di sisi kiri pertahanan Persebaya, kapten Persib Marc Klok berhasil mengirim umpan terarah yang dapat dimanfaatkan dengan baik oleh David Da Silva. Skor sementara berubah menjadi 3-2 untuk keunggulan Persib.

Hingga waktu normal babak kedua berakhir, Persebaya masih belum bisa menyamakan kedudukan meskipun beberapa kali peluang tercipta dari bola mati.

Persib yang sudah unggul satu angka memainkan permainan bertahan hingga wasit asal Riau Rio Permana Putra meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan.

Selanjutnya Persebaya akan bertandang ke markas Bali United pada pekan ke-16 Liga 1 Indonesia, Jumat (20/10), sedangkan Persib akan bertandang ke markas Borneo FC, pada tanggal yang sama.

Baca juga: Persik Kediri belum bicarakan soal bursa transfer paruh musim

Berikut susunan pemain kedua kesebelasan:

Persebaya Surabaya:

Ernando Ari Sutaryadi (PG), Reva Adi Utama (C), Riswan H Lauhim, Dusan Stevanovic, Kadek Raditya Maheswara, Song Ui Young, Ripal Wahyudi, Jose Pedro Magalhaes Valente, Sho Yamamoto, Bruno Moreira Soares, Paulo Victor Costa Soares.

Cadangan: Andhika Ramadhani (PG), Yohanes Kandaimu, Muhammad Iqbal, Ahmad Nuri Fasya, Ferdinan Alfred, Muchamad Wildan Ramdhani Nugraha, Andre Oktaviansyah, Muhamad Kasim Botan, Muhammad Alwi Slamat, Muhammad Hidayat.

Pelatih: Josep Gombau Balague

Persib Bandung: Teja Paku Alam (PG), Nick Kuipers, I Putu Gede, Beckham Putra, David Da Silva, Alberto Rodriguez, Rachmat Irianto, Marc Klok (C), Ciro Alves, Levy Madinda, Edo Febriansah.

Cadangan: Fitrul Dwi Rustapa (PG), Ezra Walian, Frets Butuan, Arsan Makarim, Victor Igbonefo, Ryan Kurnia, Dedi Kusnandar, Rezaldi Hehanussa dan Achmad Jufriyanto.

Pelatih: Bojan Hondak

Baca juga: Dewa United amankan kemenangan 3-1 atas PSS Sleman

Baca juga: Borneo FC tundukkan Arema 1-0


 

Pewarta: Abdul Hakim/Naufal Ammar Imaduddin
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
COPYRIGHT © ANTARA 2023

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *