Erick Thohir: Indonesia siap tempur lawan Irak, Vietnam, dan Filipina

timnas Indonesia dalam kondisi siap tempur melawan Irak, Vietnam, dan Filipina demi tiket ke putaran final kualifikasi

Jakarta (ANTARA) – Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir mengatakan timnas Indonesia siap menghadapi lawan tangguh seperti Irak, Vietnam, dan Filipina di Grup F pada kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia ronde kedua.

Hal ini dikatakan Erick setelah timnas Indonesia melalui Hokky Caraka (5’, 44’), Egy Maulana Vikry (42’), Witan Sulaeman (46’), Rizky Ridho (63’), dan Ramadhan Sananta (81’), menang dengan skor 6-0 pada leg kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia ronde pertama melawan Brunei Darussalam di Stadion Sultan Hassanal Bolkiah, Selasa.

“Indonesia respek dengan setiap lawan yang akan dihadapi. Tapi kami juga yakin dengan kualitas timnas Indonesia siap bertempur dengan lawan manapun,” kata Erick melalui keterangan tertulis PSSI di Jakarta, Selasa.

Baca juga: Indonesia kembali menang 6-0 atas Brunei pada kualifikasi Piala Dunia

Hasil tersebut membuat Indonesia melangkah mulus ke ronde kedua dengan agregat 12-0 setelah pada leg pertama di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (12/10), menang dengan skor yang sama.

Seluruh laga ronde kedua (36 tim, 9 grup) akan dimainkan pada November, Maret 2024, dan Juni 2024 dengan format kompetisi penuh. Nantinya, dua tim teratas (juara grup dan runner-up) akan lolos ke ronde ketiga.

Pada ronde ketiga (18 tim, 3 grup) peringkat satu dan dua setiap grup akan lolos ke putaran final Piala Dunia 2026.

Terkait peluang Indonesia pada ronde kedua, Erick menilai tim asuhan Shin Tae-yong itu memiliki kualitas bersaing dengan tiga negara di Grup F.

Pria yang menjabat sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu juga optimistis tim Garuda dapat memastikan satu tiket lolos ke ronde ketiga untuk lebih dekat dengan pintu Piala Dunia 2026 yang akan digelar di tiga negara, Amerika Serikat, Meksiko, dan Kanada.

“Kami respek dengan lawan yang sudah menanti di grup F. Namun timnas Indonesia dalam kondisi siap tempur melawan Irak, Vietnam, dan Filipina demi tiket ke putaran final kualifikasi,” ucap Erick.

Baca juga: Shin Tae-yong apresiasi para pemain tetap tunjukkan semangat juang

Baca juga: Pelatih timnas Indonesia rotasi tim pada leg kedua lawan Brunei

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Roy Rosa Bachtiar
COPYRIGHT © ANTARA 2023

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *