Barito Putera U-18 berbagi poin kontra Dewa United FC

Banjar, Kalsel (ANTARA) – Barito Putera U-18 harus puas berbagi poin seusai bermain imbang kontra Dewa United FC U-18 dengan skor 1-1 pada laga lanjutan pekan ke-8 kompetisi Elite Pro Academy (EPA) Liga 1 Indonesia 2023/2024 di Green Yakin Soccer Field Banjar, Kalimantan Selatan, Minggu.

Dewa United terlebih dahulu unggul pada menit keenam melalui gol Andika Reza, sedangkan gol balasan Barito Putera dicetak Azriel Aimar pada perpanjangan waktu babak pertama menit ke-35.

“Pemain cukup kelelahan berlaga di bawah terik sinar matahari, setelah laga ini seluruh pemain saya instruksikan istirahat penuh untuk persiapan pertandingan pekan depan,” kata Pelatih PS Barito Putera U-18 Oki Prasetya di Banjar, Kalsel, Minggu.

Menurut Oki, permainan anak asuhnya berbeda dari laga kemarin yang bermain cukup dominan. Bahkan tim asuhannya nyaris mengalami kekalahan saat Dewa United mendapatkan hadiah penalti pada akhir babak kedua, untungnya kiper Barito Putera Zavier Zakarya tampil apik menyelamatkan tim dari kekalahan.

Baca juga: Barito Putera U-18 tekuk Dewa United 1-0

“Saat ini saya lebih fokus memulihkan tenaga para pemain, semoga pekan depan kembali ke performa terbaik untuk memetik poin penuh,” ujarnya pula.

Oki mengungkapkan meskipun hanya meraih satu poin, dirinya cukup puas, apalagi kiper tim tampil apik yang sukses menepis hingga dua kali hadiah tendangan penalti yang didapat Dewa United.

Pada babak pertama, Barito Putera tidak tampil agresif seperti laga sebelumnya. Dewa United justru mengambil alih permainan, terbukti pada menit keenam pemain tim tamu yakni Andika Reza berdiri tidak terkawal di kotak penalti tuan rumah dan sukses merobek jala gawang Barito Putera untuk membawa timnya unggul sementara 1-0.

Hingga menit ke-22, total lima lebih peluang emas didapatkan Dewa United, namun kiper Barito tampil gemilang menyelamatkan gawangnya dari kebobolan.

Pada menit ke-23, Dewa United mendapatkan hadiah penalti setelah pemain belakang Barito Putera melakukan pelanggaran di kotak terlarang. Namun, lagi-lagi kiper tuan rumah tampil apik menepis sepakan arah jam 12 dari Dani Saputra.

Pemain PS Barito Putera U-18 (kuning) berusaha merebut bola dari pemain Dewa United U-18 (hitam) di Green Yakin Soccer Field Banjar, Kalimantan Selatan, Minggu (22/10/2023). (ANTARA/Tumpal Andani Aritonang)


Barito Putera mulai mengambil alih penguasaan bola setelah memasuki menit ke-25, pada menit tersebut terjadi kemelut di kotak penalti Dewa United. Namun, sang kiper Muhammad Deandra dengan sigap menyapu bola ke luar dari area berbahaya.

Baca juga: Barito Putera U-16 tundukkan Persija Jakarta 1-0

Tuan rumah menciptakan peluang emas lebih dari lima kali setelah bekerja ekstra menembus pertahanan tim tamu. Hasil yang ditunggu pun tiba pada menit ke-35 saat perpanjangan waktu babak pertama, Azriel yang berdiri bebas di area kotak penalti Dewa United dengan tenang melepaskan sepakan kaki kiri meluncur deras dan merobek sisi kanan gawang tim tamu. Skor 1-1 mengakhiri pertandingan babak pertama.

Pada babak kedua terjadi jual beli serangan, kedua tim saling menciptakan peluang dan mulai menaikkan tensi permainan di bawah cuaca esktrim yang cukup panas di daerah itu.

Dua menit sebelum berakhirnya babak kedua, pemain bertahan Barito Putera justru melakukan pelanggaran fatal di area kotak penalti. Pemain Dewa United Zacky Abdul mengambil ancang-ancang 12 pas, namun kiper Barito Putera menunjukkan kualitas menggagalkan tendangan penalti tim tamu untuk yang kedua kalinya. Skor 1-1 bertahan hingga wasit membunyikan peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan.

Kiper Barito Putera Zavier Zakarya mengaku sangat puas dengan penampilannya setelah menggagalkan dua kali penalti dari tim tamu.

Alhamdulillah keberuntungan masih menghampiri, yang penting yakin dan optimistis,” kata Zavier.

Pertandingan tersebut Barito Putera U-18 kokoh di posisi tiga klasemen sementara Grup A EPA Liga 1 Indonesia 2023/2024 dengan mengemas 10 poin dari total delapan pertandingan, yakni dua kali menang, empat kali imbang, dan dua kali kalah.

Sedangkan Dewa United U-18 berada di posisi empat klasemen Grup A dengan mengemas sembilan poin dari total delapan pertandingan, diantaranya dua kali menang, tiga kali imbang, dan tiga kali kalah.

Baca juga: Bhayangkara FC dan Persija melangkah ke final EPA U-18

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang
Editor: Roy Rosa Bachtiar
COPYRIGHT © ANTARA 2023

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *